Selasa, 15 November 2011

Pengertian atau Defenisi Socket VGA

Pengertian atau Defenisi Socket VGA

port vga 
Apa Pengertian atau Defenisi Socket VGA? Sebuah soket VGA adalah port pada komputer, biasanya ditemukan di motherboard atau kartu video pada motherboard, yang digunakan untuk menghubungkan komputer ke perangkat yang menampilkan video. Teknologi VGA pernah menjadi standar untuk koneksi video komputer, namun karena keterbatasan kualitas gambar telah menyebabkan sejumlah standar lain sedang dikembangkan yang masih terus memanfaatkan koneksi fisik VGA.
Sebuah soket VGA biasanya berwarna biru dan memiliki koneksi port 15 pin tempat memasukkan kabel VGA yang digunakan untuk menghubungkan komputer ke monitor. Video Graphics Array (VGA) pernah menjadi standar untuk menampilkan grafis komputer, dan tidak hanya mengacu pada standar itu sendiri, tetapi juga ke soket VGA dan kabel yang digunakan untuk menghubungkan perangkat menggunakan standar ini.
Ada sejumlah keuntungan teknologi standar ini dari standar sebelumnya, salah satunya adalah kualitas tampilan gambar. Standar VGA mampu menampilkan pada resolusi 800×600, ini masih rendah bila dibandingkan dengan standar yang datang setelah itu, tetapi lebih tinggi dari resolusi sebelumnya. Standar ini juga dapat menampilkan 256 warna, jauh lebih besar daripada standar sebelumnya yang sering ditampilkan hanya 64 warna. VGA standar masih digunakan oleh perangkat portabel dan komputer lama.
vga_port
Soket VGA, bagaimanapun, adalah koneksi fisik yang digunakan oleh komputer dan monitor, pada saat pertama kali digunakan pada motherboard adalah menggunakan kartu video standar VGA. Bahkan walaupun sebagian standar telah meningkat lebih tinggi dibandingkan dengan tahun 1990-an, soket VGA tetap digunakan untuk koneksi yang handal antara komputer dan perangkat monitor komputer. Karena komputer dapat menggunakan standar dan koneksi ini untuk menampilkan gambar VGA sebelum sistem operasi pada komputer mengambil alih, layar startup untuk komputer sering ditampilkan dalam kualitas VGA 800×600 atau 640×480.
vgaportmale
Sebuah soket VGA adalah yang diistilahkan”perempuan” dari hubungan antara perangkat layar dan kartu motherboard atau video komputer. Kabel yang digunakan untuk menghubungkan dua perangkat berwarna hitam dan memiliki “laki-laki” dengan 15 koneksi, tersusun dalam tiga baris dari lima pin. Soket VGA Sebuah komputer umumnya berwarna biru, memiliki 15 pin pada port kabel. Jenis kabel ini biasanya memiliki sebuah sekrup pada kedua ujung koneksi, yang dapat dimasukkan ke dalam pasangannya pada soket VGA untuk menguatkan kedudukan kabel.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar